Sabtu, 17 Desember 2011

Dampak dan Cara Mengatasi Kecanduan Game Online


Kata Pengantar


Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Alah SWT karea berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini membahas ”Dampak dan Cara Mengatasi kecanduan game Online”.

Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita.


Malang, 19 Desember 2011
Penulis

    Abdu Azis Fauzan




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan era  globalisasi menyebabkan munculnya beberapa teknologi baru yang mutakhir. Hal ini terjadi karena tuntutan zaman yang semakin maju dan dunia yang semakin berkembang. Dalam perkembangan tekhnologi ini dapat menyebabkan beberapa dampak yang terjadi dalam masyarakat.
Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, permainan elektronik atau yang sering kita sebut dengan game online (Online Games) telah mengalami perkembangan yang amat pesat. Game Online tidak hanya menjamur di kota-kota besar, tetapi juga telah merambah kota-kota kecil dan desa-desa.Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah game centre yang muncul dengan pelanggan yang sering kali lebih banyak dari pada pelanggan warnet (warung internet). Tidak heran jika suasana di game center senantiasa ramai, terutama oleh kunjungan gamer laki-laki.
Walaupun game sebenarnya ditujukan untuk anak-anak dan remaja, tidak sedikit orang dewasa yang kerap memainkannya. Bahkan beberapa di antaranya menjadikan game sebagai pekerjaan dan media untuk mendapatkan uang.
Keberadaan game dan pengaruhnya bagi masyarakat, terutama anak-anak dan remaja, sendiri masih menjadi kontroversi hingga saat ini.Banyak para peneliti yang mengatakan bahwa game computer/game online adalah pemicu kekerasan dalam dunia nyata.Namun tidak sedikit pula peneliti yang mengatakan bahwa game online membawa keuntungan bagi orang yang memainkannya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Perusahaan DFC Inteligence, diketahui bahwa Asia merupakan daerah nomor satu bagi game online. Secara keseluruhan, ada 144 juta orang di seluruh dunia bermain game online seperti Everquest, Starcraft, dan World of Warcraft. 

1.2  Rumusan masalah
1.      Apakah pengertian game online?
2.      Apakah alasan orang bermain game online?
3.      Apakah dampak orang bermain game online?
4.      Bagaimana cara mengatasi orang yang kecanduan bermain game online?

1.3  Tujuan
1.      Mengetahui pengertian game online.
2.      Mengetahui alasan orang bermain game online.
3.      Mengetahui dampak orang bermain game online.
4.      Mengetahui cara mengatasi orang yang teralu sering bermain game online.

1.4  Manfaat
Dapat mengetahui pengertian game online dan menganalisa serta menyikapi cara penggunaan game online yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak salah dalam penggunaanya.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian game Online
Game online merupakan permainan (games) yang dapat diakses oleh banyak pemain, dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan (Adams & Rollings, 2007), umumnya jaringan yang digunakan adalah internet. Game online berkisar dari permainan yang menggunakan teks sederhana sampai permainan yang melibatkan grafis yang klompleks dan dunia virtual yang dipenuhi oleh banyak pemain secara serempak (wikipedia, 2011). Adanya intensitas interaksi yang terjadi dalam game online antara pemain dengan komputer antara pemain dengan pemainnya dapat menimbulkan berbagai pengaruh positif dan negatif.
2.2 Alasan Bermain Game Online
2.2.1 Memberi Kesenangan dan Tantangan
                 Banyak orang merasa tidak punya kekuatan di masyarakat, tetapi ketika mereka bermain game online, mereka memiliki kekuatan untuk mengendalikan tentara, kota, atau orang lain,” ujar Goh Chee Leong, Kepala Departemen Psikologi di HELP University College, Kuala Lumpur. “Kekuatan ini membawa kegembiraan bagi mereka dan memberikan tantangan mental yang dicari oleh otak mereka”.
2.2.2 Menghilangkan  stress.
Para peneliti di Indiana University menjelaskan bahwa bermain game dapat mengendurkan ketegangan syaraf. Jelas dari pada berantem lebih baik berantem lewat game, darahnya bohongan, senjata bohongan, semuanya serba bohongan, hal ini lah yang harus  dimanfaatkan .
2.2.3 Mengisi Waktu Luang.
     Game oline sering digunakan untuk mengisi waktu luang setelah beraktifitas yang melelahkan. Hal ini dapat menyegarkan pikiran yang penat. Beberapa orang menggunakan hal ini untuk mengisi waktu luang.
           
2.3  Dampak Game Online
2.3.1 Dampak Positif
1.      Game online itu membuat orang pintar.
Game itu membuat orang pintar. Penelitian di Manchester University dan Central Lanchashire University membuktikan bahwa gamer yang bermain game 18 jam per minggu (rata-rata 2.5 jam/hari) memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata setara dengan kemampuan atlet.
2.      Meningkatkan konsentrasi.
Dr. Jo Bryce, kepala penelitian di suatu universitas di Inggris menemukan bahwa gamer sejati punya daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka mampu menuntaskan beberapa tugas.
3.      Ketajaman mata yang lebih cepat.
Penelitian di Rochester University mengungkapkan bahwa anak-anak yang memainkan game action secara teratur memiliki ketajaman mata yang lebih cepatdaripada mereka yang tidak terbiasa bermain game.
4.      Meningkatkan kinerja otak dan memacu otak dalam menerima cerita.
Sama halnya dengan belajar, bermain game yang tidak berlebihan dapat meningkatkan kinerja otak bahkan memiliki kapasitas jenuh yang lebih sedikit dibandingkan dengan belajar dan membaca buku
5.      Meningkatkan kemampuan membaca.
Psikolog di Finland University menyatakan bahwa video game bisa membantuanak-anak untuk meningkatkan kemampuan baca mereka. Jadi, keluhan soal bermain game yang dapat menurunkan budaya membaca tidaklah beralasan
6.      Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.
Riset di Indonesia membuktikan bahwa banyak pria yang mahir bahasa Inggris disekolah ataupun di universitas tanpa melalui kursus adalah mereka yang sukabermain game.
7.      Membantu bersosialisasi jarak jauh.
Beberapa profesor di Loyola University, Chicago telah mengadakan penelitiandan menurut mereka game online dapat menumbuhkan interaksi sosial yang menentang stereotip gamer yang terisolasi. Friendship, brotherhood, organisasi (guild), menghadapi conflict bersama (guild wars), managing people (jika menjadi guild leader), kontrol emosi, politik, dsb.
8.      Memulihkan kondisi tubuh.
Dr. Mark Griffiths, psikolog di Nottingham Trent University melakukan penelitian sejauh mana manfaat game dalam terapi fisik.
9.      mengurangi kepikunan pada saat menjelang berumur
“Bermain (video game) bersama cucu sangat baik bagi para lansia. Sebab, kami tahu bahwa interaksi sosial mampu meningkatkan kemampuan daya pikir para manula,” kata peneliti yang juga profesor psikologi dari University of Illinois, Amerika Serikat, Dr Arthur F. Kramer. Dalam penelitian yang dilansir jurnal Psychology and Aging edisi Desember disebutkan, studi itu melibatkan 40 lansia sehat dengan range usia antara 60-70 tahun. Awalnya, para partisipan mengikuti beberapa variasi tes mental. Ketika penelitian berakhir, kemampuan mental mereka kembali diuji. Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memainkan video game, pemain game manula menunjukkan peningkatan yang lebih besar soal cara kerja otak, ingatan jangka pendek, daya nalar, dan kemampuan berganti tugas.

2.3.2        Dampak Negatif Game Online.
1.      Akio Mori seorang professor dari Tokyo’s Nihon University
melakukan risetmengenai dampak video game pada aktifitas otak. Dari penelitian Akio Mori tersebutdapat disimpulkan bahwa terdapat 2 poin penting yang antara lain:
a.       Pertama , penurunan aktivitas gelombang otak depan yang memiliki peranan sangat penting, dengan pengendalian emosi dan agresivitas sehingga merekacepat mengalami perubahan mood, seperti mudah marah, mengalami masalah dalam hubungan sosial, tidak konsentrasi dan lain sebagainya.
b.      Kedua , penurunan aktifitas gelombang beta merupakan efek jangka panjang yang tetap berlangsung meskipun gamer tidak sedang bermain game. Dengan kata lain para gamer mengalami “ autonomic nerves “ yaitu tubuh mengalamipengelabuan kondisi dimana sekresi adrenalin meningkat , sehingga denyut jantung, tekanan darah, dan kebutuhan oksigen terpacu untuk meningkat. Bilatubuh dalam keadaan seperti ini maka yang terjadi pada gamer adalah otak mereka merespon bahaya sesungguhnya. 
2.      Menyebabkan kepribadian ganda Hasil 
Hasil penelitian fakultas Kedokteran Universitas Hanover mengatakan,game online bisa mengakibatkan kepribadian ganda. Seorang wanita yang sering main game online tiap hari selama 3 bulan, dengan memainkan beberapa tokoh yang berbeda. Ternyata, tokoh-tokoh imajinasi itu mengambil alih kepribadiannya.Sehingga, wanita tersebut kehilangan kendali atas identitas dan kehidupan sosialnya.
3.      Menimbulkan efek ketagihan.
Hal ini  yang berakibat melalaikan kehidupan nyata.Inilah masalah sebenarnya yang dihadapi oleh para gamer yang intinya adalahpengendalian diri.
4.      Kurang bersosialisasi langsung.
Membuat orang terisolisir dengan lingkungan sekitar. Ini adalah efek karena
terlalu seringnya bermain game sehingga lupa akan kehidupan nyatanya.
5.      Mempengaruhi pola pikir.
Jika terlalu sering akan menimbulkan pengaruh psikologis. Menghayal dan pikiran yang selalu tertuju pada game adalah efek negatif yangditimbulkannya.
6.      Mengganggu Kesehatan
Dr Partono mengatakan, jika sering bermain game berada di depan komputer selama 24 jam tanpa henti, terus-terusan memacu mata dan otak bekerja, itu bisa melemahkan saraf. Umumnya, dampak kesehatan yang dirasakan oleh para gamer yang hobi main game 24 jam tanpa henti adalah, resiko terkena penyakit ginjal, lambung, jantung dan kerusakan saraf mata dan otak. Dokter yang bekerja di RS Adi Husada Kapasari Surabaya ini menjelaskan, jika otak dan mata terus-terusan dipacu untuk bermain game, apalagi 24 jam non stop, itu akan mengakibatkan kelelahan saraf . Jika hal tersebut tetap dilakukan sangat sering, bisa mengakibatkan tegang saraf.
7.      Mengganggu Psikologis
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Brisol, Inggris, tersebut melibatkan 1.000 anak berusia sepuluh hingga sebelas tahun. Hasil dari penelitian ini menemukan kesulitan psikologis naik sebesar 60 % pada anak-anak yang menghabiskan lebih dari dua jam dalam waktu sehari untuk nge-game atau menonton televisi.

2.4      Cara Mengatasi Kecandauan Bermain Game Online.
1.      Niat.
Dalam mengatasi kecanduan game online yang paling utama adalah niat yang kuat untuk mengurangi bermain game online secara berlebihan. Karena dengan niat yang kuat secara pysikologis akan mempermudah dalam mengahdapi hal tersebut.
2.      Mencari kesibukan lain
Mencari kesibukan lain yang positif terutama kebiasaan yang disukai, seperti berolahraga, membaca buku atau berekreasi. Sehingga tidak ada waktu kosong untuk bermain game online.
3.      Mengatur jadwal bermain game online
Mengurangi waktu bermain dengan mulai menentukan jam bermain dan hari bermain dan diusahakan mematuhi jadwal tersebut. Untuk tahap awal sehari bermain 3 jam dan untuk hari-hari berikutnya dikurangi sedikit demi sedikit.
4.      Menghitung jumlah uang yang dikeluarkan
Dengan menghitung banyaknya uang yang dikeluarkan untuk bermain game online di warnet akan membuat seseorang lebih berfikir untuk tidak menghabiskan uangnya demi game online.
5.      Meminta bantuan Teman
Meminta orang terdekat untuk sementara menjadi pengingat setiap kali hendak ke warnet atau ingin bermain game. Akan sangat baik apabila dia bukan seorang gamers juga.



BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Game online adalah permainan (games) yang dapat diakses oleh banyak pemain, dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan. Alasaan orang bermain game beranekaragam, mulaai dari sekedar mengisi waktu luang hingga untuk menghilangkan stres. Selain itu game online juga dapat menimbulkan beberapa dampak yang positif sampai negatif, tergantung bagaimana orang itu memanfaatkan game oline. Apabila seseorang terlalu sering memainkan game online menyebabkan kecanduan yang dapat mengganggu aktifitasnya. Cara yang paling ampuh untuk menanggulanginya dengan berusaha keras meninggalkan kebiasaan tersebut dengan niat yang kuat.
3.2 Saran
            Sebaiknya game online dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, yaitu sebagai sarana meningkatkan aktifitas tubuh serta sebagai alat refreshing. Karena dengan memainkan game online secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan yang berakibat negatif sehingga dapat menggangu aktifitas sehari-hari.




Daftar Pustaka

Adams, E & rollings,A (2007). Fundamentals of Game Design. Prentice Hall.       
http://gamestudies.org/0802/articles/sicart (Diakses 15 Desember 2011).
-------------. 2010. Berita Indonesia, Hanyut Dalam Game Online.
Vincent. 2010. Game Online Sebabkan Kepribadian Ganda & Tegang.
            http://www.planetpelajar.com/Game_Online.aspx. (Diakses pada 8 Desember 2011).
Devita, Melani. 2009. Pengaruh Game Online terhadap Agresivitas Remaja Disurabaya.

Jodi, Imam. 2010. Penelitian Manfaat Bermain Game.

http://ligagame.com/index.php?option=com_content&task=view&id=513&Itemid=1 (Diakses pada 5 Desember 2011).

Putra, Hermawan. 2011. Mengatasi Anak Kecanduan Nge-game.

http://copasilmu.blogspot.com/2011/07/mengatasi-anak-kecanduan-nge-game.html . (Diakses pada 05 Desember 2011).

Komunitas Anak gaul. 2011. Tips Aman Bermain Game Online.
Imanuel, Natalia. 2009. Gambaran Profil Kepribadian pada Remaja yang Kecanduan Bermain                                   Game Online dan yang Tidak Kecanduan Game Online.

           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar